Media Review

Sumber : KOMPAS.com

Redam Noise Rantai Motor dengan Sprocket Gear


Sabtu, 10 Mei 2008 | 16:23 WIB

JAKARTA, SABTU - Kesal dengan suara berisik yang ditimbulkan dari gesekan antara rantai dan gir motor Anda? Jangan sewot dulu, ada solusinya. Ada sebuah komponen yang bisa dipasang di bagian rantai motor, yaitu sprocket gear.

Iskandar, Public Relation Sinnob, salah satu produsen sprocket gear menjelaskan fungsi alat yang dipasangkan pada gir motor itu. Pertama, berfungsi meredam noise yang ditimbulkan dari gesekan rantai dan gir. Kedua, mengurangi getaran (vibration). Ketiga, membuat motor lebih powerfull dan mengurangi panas pada rantai.

"Kalau motor dipasang sprocket gear, akan menambah kecepatan motor antara 0,3 hingga 0,6 kali dari Horse Power (HP) nya. Sprocker ini dibuat dengan pelapisan polyurethan. Nah, bahan ini tahan aus dan gesekannya kecil, jadi jarak antara rantai dan gir lebih kecil kalau dipasang sprocker," ujar Iskandar yang ditemui di standnya, disela-sela Otobursa 2008, Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (10/5).

Penggunan sprocker gear, terang dia, juga akan menambah panjang usia rantai. Berdasar pengalamannya, dengan pemakaian rutin setiap hari, rantai akan mengalami penggantian selama kurun waktu sekitar 1 tahun. Dengan sprocker gear, usia rantainya sudah memasuki 3 tahun. Sinnob Sprocker Gear sendiri mengeluarkan 2 paket, lokal (rantai MB) dan rantai dengan kualitas tinggi (DID).

Harganya, untuk Tiger Rp550 ribu (MB) dan Rp650 ribu (DID). Megapro, rantai MB Rp350 ribu, DID Rp375 ribu. Untuk Scorpio Rp 475 ribu (MB), Rp 550 ribu (DID). Produk bagi keluaran Yamaha lainnya, Vixion dibanderol Rp550 ribu (MB) dan Rp650 ribu (DID). Untuk Thunder dan Fulser, masing-masing Rp350 ribu (MB) dan Rp375 Ribu (DID).



Lihat juga : Teknologi Ban Anti Bocor



Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook